Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Pendidikan Islam Berbasis Lingkungan Hidup Di SMP Alam School Of Universe Bogor
DOI:
https://doi.org/10.69879/t891yz80Keywords:
Model, Pendidikan Islam, Lingkungan Hidup, Karakter Peduli LingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis proses pembentukan karakter peduli lingkungan melalui model pendidikan Islam berbasis lingkungan hidup di SMP Alam School Of Universe Bogor. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) melalui pendekatan studi kasus bersifat kritik analisis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket sebagai teknik pendukung. Sementara, uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangaluasi teknik, perpanjangan pengamatan, dan peningkatan ketekunan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa model pendidikan Islam berbasis lingkungan hidup di SMP Alam School of Universe Bogor menggunakan konsep visi khalifatul fil ardh yang rahmatan lil alamin dengan desain sekolah bernuansa alam, fasilitas ramah lingkungan, kurikulumnya dikembangkan berupa dimensi akhlak, logika, kepemimpinan dan bisnis melalui konsep magang, integrasi setiap mata pelajaran dengan metode spider web, dan proses evaluasi melalui raport narasi. Pengembangan kegiatan lingkungan hidup berupa memilah sampah, clean up, barbeku, earth day, mengumpulkan barang bekas, adventure, bioteknologi, science fair, membawa tumbler dan tempat makan. Karakter peduli lingkungan peserta didik SMP Alam School of Universe dalam kategori “Cukup Baik” baik dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Proses pembentukan karakter peduli lingkungan dilakukan dengan metode keteladanan, nasehat, belajar bersama alam (BBA), pembiasaan, hukuman, serta menjalin kordinasi bersama orang tua dalam membangun narasi peduli lingkungan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Educatia : Jurnal Pendidikan dan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.