Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Mubarokiyah Banyu Urip Caturharjo Pandak Bantul
DOI:
https://doi.org/10.69879/f0cvkj16Keywords:
Motivasi belajar, Respon Santri, Model PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang diterapkan di Pondok Pesantren LatifahMubarokiyah, respon santri terhadap model pembelajaran yang diterapkan di Pondok Pesantren Latifah Mubarokiyah, dan usaha-usaha yang dilakukan oleh ustaz dan ustazah dalam meningkatkan motivasi belajar santri di PesantrenLatifah Mubarokiyah.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan menggunakan analisisdeskriptif kualitatif dengan pendekatan pedagogis dan sosiologis. Penelitian ini menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan oleh para ustaz dan ustazah di Pondok Pesantren Latifah Mubarokiyah adalah model classroom meeting, model cooperativelearning, model integrated learning, model contructivist learning, model inquiry learning, dan model quantum learning;penerapan model pembelajaran yang dilakukan para ustaz dan ustazah di Pondok Pesantren Latifah Mubarokiyahmendapatkan respon baik dari santri yang ditunjukkan oleh adanya peningkatan motivasi santri dalam belajarnya; dan usaha- usaha yang dilakukan oleh para ustaz dan ustazah dalam meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Latifah Mubarokiyah adalah pemberian angka, memberi ulangan, mengetahui hasil, pujian, kelompok belajar, kompetisi, ego- envolvement, hadiah, hukuman (punishment), dan tujuan yang diakui.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Educatia : Jurnal Pendidikan dan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.